Hanya Rp 2 Juta Sudah Bisa Jadi Pengusaha


Posted on 2018-07-20 16:36:19


Seiring dengan berkembangnya bisnis online, kebutuhan masyarakat akan jasa kurir atau pengiriman barang makin meningkatkan dalam beberapa tahun belakangan. Hal ini terlihat dengan kian banyaknya usaha jasa kurir bermunculan. Salah satunya adalah SAP Express Courier.

SAP Express adalah Perusahaan jasa yang mengkhususkan diri dalam bidang kurir dan kargo yang berada dibawah PT SAP (Satria Antaran Prima), yang berdiri sejak 9 September 2014 dan merupakan salah satu perintis jasa kurir di Indonesia yang menggunakan sistem online di seluruh cabang maupun jaringan di seluruh Indonesia. Meskipun masih berusia relatif muda namun para pengelola SAP Express adalah para profesional yang mempunyai pengalaman selama puluhan tahun di bidang kurir.

SAP menerapkan sistem android mobile online dalam proses bisnisnya. Dengan sistem ini, pusat bisa memantau keberadaan kurir sehingga akurasi data dan posisi barang bisa terlacak dengan akurat. Saat ini SAP telah memiliki 48 cabang dan 538 mitra di seluruh Indonesia.

Untuk memperluas jaringan, SAP Express menawarkan kemitraan usaha sebagai agen hanya dengan investasi sebesar Rp 2 juta. Dengan dana tersebut, calon mitra langsung mendapatkan spanduk usaha 2x1 m, stiker, brosur, kaos counter, stempel, poster, meteran dan timbangan 100 kg.

Selain jasa pengiriman paket/dokuman, agen SAP Express bisa melayani pembayaran listrik, pulsa, tiket, asuransi, PDAM, tv berlangganan, dan multifinance.

Syaratnyapun mudah, bisa melalui perorangan maupun badan hukum (CV/PT/Yayasan/Koperasi). Untuk perorangan ada syarat administrasi yang harus dipenuhi, yaitu : Foto copy KTP calon agen, pas foto 4x6 sebanyak 2 lembar, selain membayar uang paket investasi yang dipilih.

Sedangkan untuk agen yang berbadan hukum, persyaratan administrasinya adalah : foto copy KTP Direktur, pas foto direktur (4x6) 2 lembar, foto copy surat pendirian badan usaha (SIUP, SITU, Akte Pendirian, SK menkumham, dan lain-lain sesuai jenis badan hukumnya), punya ruang usaha minimal 4x6 meter, dan sanggup membayar uang paket investasi.

Dinda Meisye, dari Divisi Retail SAP Express menjelaskan, estimasi laba bersih yang didapat mitra konter ritel rata-rata menyentuh angka 30% dengan sistem bagi hasil sebesar 5% dari laba bersih untuk pusat. Ke depan, SAP Express menargetkan menjaring konter setiap radius 1,5 kilometer di berbagai daerah.

 

Pertama kali dipublish di Kontan.co.id (18/9/2015)